laporan pkl mahasiswa
LAPORAN
PENGUATAN KOMPETENSI
LAPANGAN (PKL)
PROGRAM STUDI BIMBINGAN
KONSELING ISLAM
DINAS SOSIAL KOTA BANDAR
LAMPUNG
DISUSUN OLEH:
AJI SAPUTRA DWI KUNTORO (1841040445)
FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU
KOMUNIKASI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN
INTAN LAMPUNG
TAHUN 2021
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Perguruan tinggi sebagai institusi pendidikan
diharapkan dapat mencetak lulusanlulusan penerus generasi bangsa yang sanggup
menguasai ilmu pengetahuan secara teoritis, praktis, dan aplikatif. Untuk
menciptakan tenaga kerja yang unggul dan memiliki kemampuan serta keahlian yang
mumpuni, Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung (UINRIL) sebagai salah
satu Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Lampung berusaha membentuk dan melatih
lulusan-lulusan yang ada untuk siap terjun ke dunia kerja.
Penguatan Kompetensi Lapangan (PKL) merupakan
salah satu kegiatan akademik yang berfokus pada kemampuan untuk mengembangkan
dan menempa ilmu yang telah dipelajari selama menjalani perkuliahan dalam
praktiknya. Kegiatan ini dapat menambah pengalaman mahasiswa khususnya di Prodi
S1 Bimbingan Konseling Islam Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung dan
memberikan wawasan mendalam terkait dunia kerja sebelum lulus dari bangku
perkuliahan kelak.
Zaman semakin berkembang dari waktu ke waktu,terutama dengan
semakin canggihnya teknologi yang ada. Dengan semakin canggihnya teknologi,persaingan
dalam dunia kerja juga menjadi lebih ketat karena individu-individu telah
memiliki skill mumpuni dan beragam yang dibutuhkan sebagai bekal untuk
menghadapi persaingan tersebut. Untuk mengantisipasi persaingan yang ada, mahasiswa
Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung (UINRIL)
dituntut mempersiapkan diri dengan menimba pengalaman melalui kegiatan PKL, agar
tidak hanya matang dari segi teori, akan tetapi
juga siap dalam praktiknya.
Dinas Sosial Kota Bandar Lampung merupakan
lokasi tempat melaksanaka kegiatan Penguatan Kompetensi Lapangan (PKL) Dinas Sosial Kota Bandar Lampung merupakan
intansi yang didirikan atas peraturan daerah dan dibawah naungan pemerintah
daerah Kota Bandar Lampung. Kantor Dinas Sosial Kota Bandar Lampung merupakan
sebuah intansi pemerintah yang mempunyai tugas untuk menangani masalah-masalah
sosial yang terjadi pada masyarakat khususnya Kota Bandar Lampung.
Dalam melaksanakan kegiatan Penguatan Kompetensi Lapangan (PKL), penulis harus
mematuhi semua peraturan yang ada di
Instansi tersebut dan menyelesaikan semua
pekerjaan yang diberikan oleh instansi dengan baik dan benar Karena hal
tersebut akan membawa nama baik praktikan sendiri maupun Universitas. Oleh
karena itu, praktikan harus sungguh-sungguh dalam melaksanakan PKL.
Alasan praktikan memilih tempat PKL tersebut
adalah untuk mengetahui kegiatan yang diterapkan pada Dinas Sosial Kota Bandar
Lampung selain itu alasan lainnya adalah karena jarak kantor yang tidak terlalu
jauh dengan rumah praktikan sehingga praktikan menjadi lebih mudah dalam
melakukan mobilitas, serta perizinan di tempat tersebut tidak terlalu sulit.
B. Tujuan Penguatan Kompetensi Lapangan (PKL)
Tujuan dari kegiatan Penguatan Kompetensi Lapangan (PKL) diantaranya adalah
sebagai berikut:
1. Untuk memberikan bekal pengalaman bekerja bagi mahasiswa.
2. Meningkatkan kedisiplinnan dan tanggung jawab pada mahasiswa dalam melaksanakan
tugas dan pekerjaan.
3. Memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang dunia kerja yang sesungguhnya.
4. Menerapkan ilmu pengetahuan yang didapat di bangku kuliah dalam dunia kerja.
5. Sebagai salah satu persyaratan dalam menyelesaikan Program Sarjana
Universitas Islam Negri Raden Intan Bandar Lampung.
C. Manfaat Penguatan Kompetensi Lapangan (PKL)
Kegiatan Penguatan Kompetensi Lapangan
(PKL) ini memiliki
manfaat bagi Mahasiswa, UIN lampung, dan Dinas Sosial, yaitu:
1. Bagi Mahasiswa
a. Dapat meningkatkan wawasan, kemampuan dan keterampilan bagi praktikan
khususnya dalam bidang Administrasi.
b. Mengembangkan pengetahuan akademis yang telah didapat selama masa
perkuliahan.
c. Membantu praktikan mempersiapkan diri untuk menghadapi persaingan dalam
dunia kerja.
2. Bagi Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung
a. Menjadi salah satu acuan untuk Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung khususnya
Prodi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi dalam
mengembangkan kegiatan pembelajaran.
b. Sebagai sumber referensi bagi mahasiswa dalam mencari tempat PKL.
c. Mengevaluasi kemampuan mahasiswa dalam mengimplementasikan ilmu yang telah
didapat di universitas.
3. Bagi Dinas Sosial Kota Bandar Lampung
a. Perusahaan dapat memanfaatkan tenaga praktikan dalam
membantu menyelesaikan tugas-tugas kantor untuk kebutuhan masing-masing divisi.
b. Membantu menambah ide-ide kreatif dalam kegiatan.
c. Menjalin hubungan kerjasama yang berkelanjutan dan
dinamis antara intansi dengan Lembaga Perguruan Tinggi.
BAB II
GAMBARAN UMUM LOKASI PKL
A. Sejarah dan Profil Dinas Sosial Kota Bandar Lampung
1.
Sejarah Pembentukan Dinas Sosial Kota Bandar
Lampung
Berdasarkan Peraturan
Daerah Nomor 24
Tahun 1996 tentang Pembentukan Organisasi
dan Tata Kerja
Dinas Sosial KotaDaerah Tingkat II Bandar Lampung, telah
berubah bentuk dan fungsinya. Untuk operasional pelaksanaan Perda
tersebut, diatur rincian tugas
masing-masing Jabatan Struktural
di Lingkungan Dinas
Sosial Kota
Kepala Daerah Tingkat
II Bandar Lampung
berdasarkan Keputusan Walikota
Kepala Daerah
Tingkat II Bandar
Lampung Nomor 19
tahun 1998 tentang Peraturan Pelaksana Peraturan
Daerah Kota Daerah
Tingkat II Bandar Lampung Nomor
24 tahun 1996 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Dinas Sosial Kota
Daerah Tingkat II
Bandar Lampung.
Dengan adanya Otonomi Daerah sejak tahun
1999 berdasarkan Undang-Undang
Nomor 22 Tahun
1999 tentang Pemerintahan
Daerah yang kemudian diganti
dengan Undang-Undang Nomor
32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, Dinas Sosial
Kota
Daerah Tingkat II
Bandar Lampung kemudian mengalami perubahan, yaitu berdasarkan Keputusan
Walikota Bandar Lampung
Nomor 30 Tahun
2003 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Dinas
Sosial Kota Bandar Lampung.[1]
2.
Visi
dan Misi Dinas Sosial Kota Bandar Lampung
Visi Dinas
Sosial Kota Bandar
Lampung adalah: “Terwujudnya kesejahteraan sosial masyarakat
Bandar Lampung.”
Misi
Dinas Sosial Kota Bandar Lampung adalah sebagai berikut:
1)
Meningkatkan
transparasi dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pelayanan, pemberdayaan dan
jaminan sosial, serta kesejahteraan sosial.
2)
Meningkatkan
dan mengembangkan aksesibilitas perlindungan sosial bagi PMKS dan PSKS.
3)
Meningkatkan
profesionalisme penyelenggaraan perlindungan sosial dan keagamaan.
4)
Meningkatkan
dan melestarikan nilai-nilai kepahlawanan, keperintisan dan kesetiakawanan
sosial.[2]
3.
Tujuan Dinas Sosial Kota Bandar Lampung
Tujuan pembangunan kesejahteraan sosial adalah
terwujudnya tata kehidupan dan penghidupan yang memungkinkan bagi setiap warga
negara untuk mengadakan usaha dan memenuhi kebutuhan hidup, yang tercermin dalam
wujud terpelihara dan berkembangnya sistem nilai sosial budaya yang menduduki
terlaksananya penyelenggaraan tugas umum pemerintahan dan pembangunan
BAGAN STRUKTUR
ORGANISASI DINAS SOSIAL KOTA BANDAR
LAMPUNG
SUB BAGIAN
KEUANGAN DAN ASET Ir. TOLE DAILAMI NIP. 19640609
199203 1 008 KEPALA DINAS SEKRETARIS DRA. NETTY ADRIANI. MM NIP. 19621118 198503 2 004 KELOMPOK PUNSIONAL SUB BAGIAN TATA USAHA KEPALA BIDANG PEMBERDAYAAN SOSIAL M. HAVIS S.Ag M.Ag NIP. SEKSI PEMBERDAYAAN DAN KELEMBAGAAN DEWI
ALINA, S.Sos NIP.
19700428 199003 2 005 SEKSI PENDAYAGUNAAN SUMBER DANA SOSIAL Dra.SUSAN
TAKARIANTI NIP.
19650912 198603 2 009 SUSILAWATI, SE. MM NIP. 19700629 200902 2 002 SEKSI KEPAHLAWANAN KEPALA BIDANG
PELAYANAN DAN REHABILITASI SOSIAL Drs.
MUZARIN DAUD NIP.
19660619 199111 1 001 SEKSI PELAYANAN SOSIAL ANAK DAN REHABILITASI PENYANDANG CACAT SEKSI FASILITASI DAN REHABILITASI KORBAN
NARKOBA SUPRIYADI. S. ST NIP . 19650212 199203 1 008 SEKSI PELAYANAN REHABILITASI TUNA SOSIAL SUHERI, S.Sos NIP. 19690101
198903 1 014 EVAZATI, S.Sos NIP. 19660610 199102 2 002 UPTD KASUBAG UMUM & DAN
KEPEGAWAIAN KASUBAG PROGRAM DAN
INFORMASI KEPALA BIDANG BANTUAN DAN
JAMINAN SOSIAL SANTOSO ADHY S,SE.,MM NIP. 19680916
199703 1 001 KEPALA BIDANG
KESEJAHTERAAN SOSIAL AZIZAH AR, S.Sos. MM NIP. 19700705
199803 2 009 FERY HARTA WIJAYA, SH NIP. 19711101
200003 1 002 SEKSI BANTUAN SOSIAL
KORBAN BENCANA ALAM DAN SOSIAL Dra. Hj. FARIDAH NIP. 19660426
199203 2 002 DARUL
KHOTNI, S. Sos NIP. 19710725 199103 1 002 RUSHAN, S. Ag NIP. 19730802
200801 1 011 SUB BAGIAN KEUANGAN DAN
ASET ELVIRA YUSNA MURTI, S.Sos, MM NIP. 1970
0323 199503 2 005 DIAH EKO ERMAWANTI, S.Sos NIP. 19720508
199803 2 008 SEKSI BANTUAN FAKIR MISKIN
DAN JAMINAN SOSIAL SEKSI PENANGGULANGAN
KORBAN TINDAK KEKERASAN SEKSI PEMAKAMAN SEKSI KEAGAMAAN SEKSI DATA DAN INFORMASI YUSNANI, S. Sos NIP. 19700428
199003 2 004 SRI WATI, S. Pd NIP. 19690611
199703 2 004 HERI PURWANTO NIP. 19630913
198603 1 005
BAB III
PELAKSANAAN PENGUATAN
KOMPETENSI LAPANGAN
A. Rancangan Program Kerja
Selama melaksanakan kegiatan Penguatan
Kompetensi Lapangan (PKL) di Dinas Sosial Kota Bandar Lampung para mahasiswa
yang melakukan kegiatan peraktik ditempatkan di bidang kesejahteraan sosial.
Kegiatan pada bidang bagian Kesejahteraan
Sosial dipimpin oleh seorang kepala bidang yang dalam melaksanakan tugasnya bertanggung jawab kepada Kepala
Dinas. Bidang kesejahteraan sosial memiliki tugas melaksanakan tugas sebagian
tugas dinas dibidang kesejahteraan sosial yaitu meliputi pemakaman, data dan
informasi kesejahteraan sosial, dan agama.
Peraktik melaksanakan kegiatan Penguatan
Kompetensi Lapangan (PKL) terhitung sejak tanggal 15 januari sampai tanggal 26
januari. Kegiatan Penguatan Kompetensi Lapangan (PKL),ini dilakukan sesuai hari
kerja yang berlaku di Dinas Sosial Kota Bandar Lampung yaitu :
1. Jam kerja Dinas Sosial Kota Bandar Lampung.
a.
Hari senin, rabu dan kamis
Masuk :
Pukul 07.30 Pagi.
Istirahat :
Pukul 12.00 s/d 13.00 Siang.
Pulang :
Pukul 16.00 Sore.
b.
Hari jum’at
Masuk :
Pukul 7.30 Pagi.
Istirahat :
Pukul 11.30 s/d 13.00 Siang.
Pulang :
Pukul 16.00 Sore.
2. Pakaian kerja Dinas Sosial Kota Bandar Lampung
a.
Hari senin s/d selasa : pakian seragam PDH jurusan BKI.
b.
Hari rabu s/d kamis : pakian hitam putih dan menggunakan
almameter UIN RIL .
c.
Jum’at :
pakian batik yang bermotif kedaerahan
dan menggunakan almameter UIN RIL.
Sarana dan prasarana kerja pada Dinas Sosial Kota Bandar
Lampung khususnya dibidang kesejahteraan sosial yang mendukung kinerja para
pegawai yaitu :
1.
5 unit komputer
2.
3 unit printer
3.
1 unit mesin scanning
4.
2 buah ac
B. Relasi Program Kerja
Sebelum praktikan melakukan kegiatan Penguatan
Kompetensi Lapangan (PKL) di Dinas Sosial Kota Bandar Lampung, praktikan
diperkenalkan dengan beberapa orang pegawai pada bagian kesejahteraan sosial.
Pada dasarnya praktikan bertugas untuk
membantu pegawai dalam pengimputan maupun pelayanan masyarakat terkait DTKS
maupun PMKS pada Dinas Sosial bagian kesejahteraan sosial. Berikut ini adalah
penjabaran dan alur dari masing-masing tugas yan menjadi tanggung jawab
praktikan selama melakukan Penguatan
Kompetensi Lapangan (PKL) di Dinas Sosial Kota Bandar Lampung.
Bidang Kesejahteraan Sosial:
a. Menyiapkan data dan informasi data terkait penyandang masalah kesejahteraan
sosial (PMKS).
Kegitan ini dilakukan di saat ada masyarakat yang membutuhkan
data dari dinas sosial terkait masalah kesejahteraan sosial, praktik bertugas
untuk membantu petugas dalam pengecekan data tersebut melalui aplikasi yang
dimiliki oleh Dinas Sosial Kota Bandar Lampung.
b. Pelayanan data dan informasi data terkait penyandang masalah kesejahteraan
sosial (PMKS).
Kegitan pelyanan dilakukan di saat ada masyarakat yang
membutuhkan keterangan dari Dinas Sosial terkait masalah kesejahteraan sosial,
seperti pembuatan KIP, tentang KIS dan masalah –masalah BANSOS lainya. Praktik bertugas
untuk mengecek apakah masyarakat tersebut terdaftar dalam DTKS dan kemudian
praktik mencetak surat keterangan masyarakat yang terdaftar diDTKS kemudian
petugas memberikan arahan atau penjelasan terhadap masyarakat mengenai masalah
yang dihadapinya.
C. Kendala Yang Dihadapi
Dalam menyelesaikan
peleksanaan Penguatan Kompetensi Lapangan (PKL), peraktik berusaha mengerjakan pekerjaan dengan
baik, dan selesai tepat waktu dengan hasil yang memuaskan. Namun dalam
melaksanakan Penguatan Kompetensi Lapangan (PKL), peraktik mengalami beberapa kendala yang
menyebabkan pekerjaan menjadi terhambat dalam menyelesaikan pekerjaan pada
bidang kesejahteraan sosial.
Selama menjalani kegiatan
Penguatan Kompetensi Lapangan (PKL), peraktek menyadari adanya kendala yang
berasal dalam diri peraktik maupun dari intansi tempat menjalani kegiatan Penguatan Kompetensi Lapangan (PKL). Kendala tersebut yaitu
sebagai berikut :
1.
Kendala yang terjadi
dalam diri Mahasiswa
a.
Adaptasi dengan
lingkungan baru
Adaptasi adalah salah
satu penyesuaian diri terhadap lingkungan. Adaptasi merupakan hal yang penting,
apabila sesorang mudah beradaptasi dengan lingkungannya, maka orang tersebut
akan lebih mudah menjalani kehidupanya.
Pada awal melaksanakan Penguatan Kompetensi Lapangan (PKL) di Dinas Sosial Kota
Bandar Lampung, peraktik merasa bahwa terdapat perbedaan antara lingkungan
dikampus dengan lingkungan yang ada diintansi Dinas Sosial Kota Bandar Lampung.
Hal tersebut membuat
peraktik membutuhkan waktu untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan yang ada
pada dinas Sosial Kota Bandar Lampung.
2.
Kendala yang terjadi pada
Intansi
a.
Kegiatan kerja pada masa
pandemi COVID-19
Pada saat masa pandemi
COVID-19 kegiatan kerja yang ada pada Dinas Sosial Kota Bandar Lampung menjadi
sangat terbatas, mulai dari kegiatan lapangan diberhentikan oleh pihak
pemerintah daeraha, kalupun itu dijalankan oleh pegawai harus sangat
memperhatikan protokol kesehatan pada saat kegiatan lapangan tersebut.
Hal tersebut menjadi
salah satu faktor kendala yang terjadi saat perakti/ mahasiswa yang akan
melakukan kegiatan tersebut, sehingga kegiatan Penguatan Kompetensi Lapangan (PKL) pada Dinas Sosial Kota
Bandar Lampung hanya dilakukan di kantor Dinas Sosial Kota Bandar Lampung
Untuk itu mahasiswa
sangat kesulitan untuk menerapkan apa yang seharusnya diperintahkan oleh pihak
kampus, sehinga dari Dinas Sosial hanya memberikan sedikit kegiatan yang
berkontak dengan masyarakat, misalnya sepri masarakat yang ingin berkonsultasi
tentang BANSOS, KIP, dan DTKS.
Hal tersebut dilakukan
oleh pihak intansi Dinas Sosial Kota Bandar Lampung agar supaya mahasiswa yang
melakukan kegiatan Penguatan Kompetensi Lapangan (PKL) tidak terjadi hal yang tidak dinginkan dari
pihak kampus maupun pihak Dinas Sosial Kota Bandar Lampung.
D. Cara Mengatasi Kendala
Selama melakukan kegiatan Penguatan Kompetensi
Lapangan (PKL) pada Dinas Sosial Kota Bandar Lampung, mahasiswa mengalami beberapa
kendala. Maka dalam mengatasi kendala yang ditemukan oleh mahasiswa dalam
melakukan kegiatan Penguatan Kompetensi Lapangan (PKL) yaitu :
1. Cara mengatasi masalah yang ada pada diri Mahasiswa
Salah satu cara yang digunakan dalam mengatasi
rasa canggung pada saat adaptasi lingkungan baru adalah dengan menjaling
komunikasi yang baik dengan lingkungan pegawai Dinas Sosial Kota Bandar
Lampung. Komunikasi sebagai salah satu mekanisme dimana hubungan antar manusia
terjadi dan berkembang[3]
Tanpa komunikasi yang baik dapat timbul
berbagai masalah yang mengganggu, pada kendala sulitnya beradaptasi dengan
lingkungan yang baru, Mahasiswa mencoba untuk menciptakan komuikasi yang baik
dengan banyak bertanya ketika menemukan kesulitan dalam melaksanakan tugas Penguatan
Kompetensi Lapangan (PKL) yang diberikan.
Dengan adanya komunikasi yang baik dapat
membawa pengaruh yang positif dalam diri Mahasiswa. Mahasiswa menyadari bahwa
peran komunikasi sangatlah penting untuk dapat membantu proses kegiatan Penguatan
Kompetensi Lapangan (PKL) yang dilakukan dan dengan adanya komunikasi yang baik
Mahasiswa dapat lebih mudah berhubungan dengan Pegawai Dinas Sosial Kota Bandar
Lampung serta dapat bertukar pikiran yang bisa menambah wawasan peraktik dalam
bekerja.
2. Cara mengatasi masalah yang ada pada Intansi
Mengingat tugas utama pada pegawai Dinas
Sosial Kota Bandar Lampung yang selalu berhubungan dengan masyarakat,
ditengah-tengah masa pandemi ini pihak dinsos banyak mengurangi dan bahkan
membatasi kegiatan yang ada dilapangan.
Oleh karena itu untuk mengatasi masalah yang
ada pada mahasiswa, mahasiswa perlu untuk lebih kreatif dan selalu membantu
pegawai yang memiliki tugas dan perlu memperhatiakn protokol kesehatan yaitu 3
M agar tidak terjadi hal yang tidak dinginkan selama kegiatan Penguatan
Kompetensi Lapangan (PKL) berlangsung.
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Penguatan Kompetensi Lapangan (PKL) merupakan salah satu
wadah yang tepat bagi Mahasiswa untuk dapat menerapkan teori-teori yang
dipelajari selama perkuliahan. Selain itu dengan adanya Penguatan Kompetensi Lapangan (PKL), Mahasiswa dapat
memperoleh gambaran nyata mengenai dunia kerja yang sesungguhnya, sehingga
Mahasiswa dapat mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja. Selama PKL
berlangsung, Mahasiswa dapat mempelajari hal-hal baru yang tidak diperoleh pada
saat perkuliahan terkait dengan lingkungan kerja dan memperoleh banyak
pengalaman dan pengetahuan
Dinas Sosial Kota Bandar
Lampung merupakan lokasi tempat Penguatan Kompetensi Lapangan (PKL). Pada saat pelaksanaan Penguatan Kompetensi Lapangan (PKL) mahasiswa ditempatkan
dibidang masing-msing yang ada di Dinas Sosial Kota Bandar Lampung khususnya
penulis ditepatkan pada bidang kesejahteraan sosial dengan pekerjaan melayani
masyarakat terkait DTKS maupun PMKS.
B. Saran
Berdasarkan pengalaman
mnjalani Penguatan Kompetensi Lapangan (PKL) pada Dinas Sosial Kota Bandar
Lampung , penulis mendapatkan pengalaman dan pembelajaran yang dapat dijadikan sabagai
sebuah saran untuk melaksanakan Penguatan Kompetensi Lapangan (PKL) kedepanya agar dapat
lebih baik lagi. Saran-saran akan ditujukan untuk Mahasiswa yang akan melakukan
kegiatan Penguatan Kompetensi Lapangan (PKL), untuk Universitas Islam Negri Raden Intan
Lampung, dan untuk Dinas Sosial Kota Bandar Lampung.
1.
Saran untuk Mahasiswa.
a.
Mahasiswa yang akan
melakukan Penguatan Kompetensi Lapangan (PKL), hendaknya benar-benar untuk mempersiapkan diri
dengan ilmu pengetahuan yang didapat selama perkuliahan.
b.
Memilih intansi yang
sesuai dengan program studi.
c.
Ketika melaksanakan Penguatan Kompetensi Lapangan (PKL) harus disiplin, sopan,
menjaga nama baik kampus dan penuh tanggung jawab atas tugas yang diberikan
intansi.
d.
Jika mengalami kesulitan
dalam melaksanakan tugas yang diberikan pada saat Penguatan Kompetensi Lapangan (PKL) Mahasiswa tidak perlu
sungkan untuk meminta bimbingan terhadap Pegawai yang bekerja diintansi
tersebut.
2.
Saran untuk UIN Lampung.
a.
Universitas Islam Negri
Raden Intan Lampung harus lebih banyak menjalin kerjasama dengan berbagai
intansi agar memudahkan mahasiswa pada saat mencari tempat PKL.
b.
Universitas Islam Negri
Raden Intan Lampung hendaknya membuat peraturan mengenai format laporan yang
akan dikumpulkan agar tidak menimbulkan kesalahan bagi Mahasiswa dalam membuat
laporan.
3.
Saran untuk Dinas Sosial
Kota Bandar Lampung.
a.
Mengingat pandemi
COVID-19 pengerus dan pegawai Dinas Sosial Kota Bandar Lampung hendaknya dapat
memberikan arahan dan peraturan mengenai protokol kesehatan saat masyarakat
yang datang seperti menjaga jarag dan menyediakan alat untuk mencuci tangan.
b.
Hubungan antara pegawai
terus dijaga untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik.
DAFTAR ISI
·
Dinas Sosial Kota Bandar Lampung.
·
Endang Sri Rahayu, menejemen, edisirevisi, (Jakarta:
fakultas Ekonomi Universitas Negri Jakarta, 2012).
·
Sumber : Provil Dinas Sosial
LAMPIRAN
RINCIAN KEGIATAN PKL
ABSENSI PKL
FROM PENILAIAN PEMBIMBING LAPANGAN
SURAT KETERANGAN TELAH MELAKUKAN PKL
FOTO KEGIATAN PKL
Gb 1. Melayani masyarakat terkait permasalahan
kesejahteraan sosial.
Gb 2. Pelayanan terhadap masyarakat terkait DTKS
Gb 3. Proses pencarian data dan percetakan terkait DTKS
Gb 4. Rapat bersama rekan-rekan PKL terkait kegiata yang
akan dilakukan.
Gb 5. Foto bersama pembimbing lapangan
Gb 6. Penyerahan cenderamata.
Komentar
Posting Komentar